Anda mungkin akrab dengan pepatah populer, “Penjualan adalah raja”. Tetapi walaupun menghasilkan penjualan itu penting, menunjukkan layanan pelanggan yang baik adalah yang membedakan bisnis besar dari bisnis biasa. Pikirkan itu sebentar. Anda dapat menghasilkan satu juta dolar dalam penjualan satu tahun dan nyaris tidak bisa menghasilkan enam angka di tahun berikutnya. Salah satu alasan ini terjadi adalah karena Anda merugikan pelanggan lama Anda. Sekarang, Anda merasa sulit untuk mendapatkan pelanggan baru karena mereka menyadari betapa buruknya layanan Anda. Ingat, kita hidup di zaman internet. Prospek dapat dengan mudah meneliti ulasan pelanggan Anda ketika mereka mempertimbangkan pilihan untuk melakukan bisnis dengan Anda atau pesaing Anda. Dan Anda akan selalu kehilangan bisnis ketika ulasan pelanggan Anda dipenuhi dengan pelanggan yang tidak puas.

Ketika memahami betapa pentingnya layanan pelanggan, Anda harus yakin bahwa perusahaan Anda menjadikan layanan terbaik sebagai bagian inti dari bisnis Anda. Anda perlu membuat pelanggan yang ada senang dan mempertahankan perlindungan mereka. Juga, dari mulut ke mulut positif dari pelanggan yang sudah ada adalah pemasaran gratis yang menghasilkan pelanggan baru untuk bisnis Anda. Ini adalah jenis pemasaran yang tidak bisa Anda kalahkan.

Untuk membantu Anda meningkatkan layanan pelanggan Anda, kami telah menyusun sepuluh prinsip yang akan membantu meningkatkan layanan pelanggan Anda.

1) Layani Pelanggan Anda dengan Senyum

Melayani pelanggan dengan senyumSepertinya ini adalah isyarat kecil, tetapi senyuman berjalan jauh saat berurusan dengan pelanggan. Lagi pula, senyuman menunjukkan kebahagiaan. Atau, jika Anda mengerutkan kening, kepribadian negatif ini dapat menular ke pelanggan Anda dan pertukaran mungkin menurun. Tetapi ini berarti bahwa senyuman hanya diperlukan ketika bertatap muka dengan pelanggan. Anda juga harus tersenyum ketika berbicara melalui telepon. Percaya atau tidak, senyum dapat dirasakan melalui telepon dan tercermin dalam nada suara yang Anda gunakan. Berikan kebahagiaan dengan senyum hangat, dan Anda akan menemukan diri Anda dengan pelanggan yang bahagia.

2) Bersedia Pergi Ekstra

Melayani pelanggan satu mil ekstraBekerja ekstra sepertinya Anda harus melakukan hal-hal keterlaluan hanya untuk membuat pelanggan Anda senang. Tapi ini jelas bukan itu masalahnya. Melangkah lebih jauh berarti melakukan lebih dari yang biasa dilakukan oleh bisnis. Ini dapat berarti mengirim catatan Terima Kasih kepada pelanggan Anda untuk perlindungan mereka, mengirim kartu ulang tahun kepada individu pada hari ulang tahun mereka, atau tetap di telepon bersama mereka sampai masalah mereka sepenuhnya terpecahkan. Tidak harus banyak, tetapi pemikiran di balik upaya ini dapat menghasilkan pelanggan yang sangat bahagia. Jika Anda melangkah dan melakukan sedikit tambahan, pelanggan Anda akan merespons dengan penghargaan.

Artikel Terkait: Cara Meningkatkan Pengalaman Keseluruhan Pelanggan Anda

3) Selalu Sambut dan Bicaralah dengan Pelanggan Anda

sapa pelanggan andaPernahkah Anda dalam bisnis di mana karyawan dan manajer bertindak seperti Anda tidak ada? Atau ketika mereka mengakui Anda, sepertinya Anda membebani mereka? Anda pasti tidak ingin melakukan hal-hal ini dalam bisnis Anda sendiri. Jika pelanggan ada di toko atau kantor Anda, akui kehadiran mereka. Mereka ada di sana untuk mendukung perusahaan Anda, jadi Anda harus yakin bahwa Anda memperlakukan mereka sebagai anggota yang dihargai, bukan hanya tanda dolar. Terlalu banyak bisnis lain yang sudah melakukan ini, jadi Anda ingin memastikan bisnis Anda tidak dikaitkan dengan perilaku buruk tersebut.

4) Ingatlah untuk Mengucapkan Terima Kasih dan Harap

ingatlah untuk mengucapkan terima kasihSopan santun harus diminta oleh semua bisnis tetapi, sayangnya, itu tidak selalu seperti yang ditunjukkan. Mengucapkan tolong dan terima kasih tidak sulit untuk diucapkan. Bahkan, mereka sangat mudah untuk mengatakan bahwa semua karyawan bisnis harus menggunakan kata-kata ini sebanyak yang mereka bisa. Tunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda menghormati mereka karena mendukung bisnis Anda dengan menunjukkan perilaku yang baik. Jika ini terlalu sulit untuk dilakukan, mereka akan menemukan bisnis lain yang tidak memiliki masalah melakukannya.

5) Minta Maaf dengan Cepat untuk Masalah yang Timbul

minta maaf kepada pelanggan AndaKetika seorang pelanggan mengalami masalah, minta maaf untuk masalah tersebut dan segera bergerak menuju resolusi. Mengatakan Anda menyesal mungkin terdengar seperti Anda mengakui kesalahan, tetapi apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah bertanggung jawab atas situasi tersebut. Ini bisnis Anda, jadi apa pun yang terjadi berada di bawah tanggung jawab Anda. Karena itu, beri tahu pelanggan Anda bahwa Anda merasa minta maaf atas ketidaknyamanan yang mereka alami dan bahwa Anda akan bekerja untuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Ini akan membantu Anda membuat pelanggan Anda senang sebagai hasilnya. Lebih baik mempertahankan pelanggan daripada kehilangan mereka karena masalah kecil yang bisa dengan mudah diselesaikan.

6) Mengantisipasi Kebutuhan Pelanggan Anda

mengantisipasi kebutuhan pelangganMembayar untuk menjadi proaktif, daripada reaktif. Ketika Anda proaktif, Anda dapat mengantisipasi apa yang dibutuhkan pelanggan Anda alih-alih harus dengan panik memenuhi kebutuhan mereka karena Anda menunggu mereka membuat permintaan. Apple proaktif ketika mereka membuat iPhone, yang menyebabkan perusahaan mendominasi industri smartphone. Dengan menjadi proaktif dalam bisnis Anda, Anda dapat memposisikannya tidak hanya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada tetapi juga mendapatkan yang baru, karena Anda berfokus pada melebihi harapan pelanggan.

7) Selalu Fokus pada Melebihi Harapan

melebihi harapanSangat mudah untuk melakukan apa yang diharapkan dari Anda. Tetapi butuh sedikit usaha lebih untuk melebihi harapan, terutama ketika melakukan hal yang seminimal mungkin membuat pelanggan Anda membelanjakan uang untuk bisnis Anda. Ini tidak berarti bahwa pelanggan Anda tidak secara aktif mencari penyedia yang menyediakan faktor wow yang lebih baik atau pengalaman layanan pelanggan yang sangat baik. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa layanan pelanggan Anda berkualitas tinggi sehingga tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda harus memberikan layanan terbaik. Hanya beberapa bisnis yang melakukan ini, itulah sebabnya mereka tidak memiliki masalah dalam mendapatkan pelanggan terbaik.

Artikel Terkait: Melampaui Ekspektasi dengan Mempelajari 8 Atribut Superstar Bisnis ini

8) Ambil Tanggung Jawab Apa Pun Apa

selalu bertanggung jawabSangat mudah untuk disalahkan ketika Anda tidak bersalah karena masalah tertentu. Tetapi ini tidak berarti ini harus menjadi tindakan yang Anda ambil. Lewat menyalahkan hanya membuat bisnis Anda terlihat lebih buruk. Akui saja masalah pelanggan dan berusahalah menemukan solusi yang tepat. Pada akhirnya, masalah akan dilupakan selama solusi diberikan.

9) Jangan Membuat Pelanggan Anda Menunggu Lama

membuat pelanggan Anda menungguSebagai pelanggan, Anda mungkin benci ditahan selama lebih dari satu jam saat menghubungi penyedia layanan atau berdiri dalam antrean panjang. Ini seharusnya tidak terjadi, dan Anda pasti tidak ingin bisnis Anda melakukan ini kepada pelanggannya. Mengelola layanan tentu saja tidak bisa instan tetapi pastikan itu bisa dilakukan setidaknya dalam 15 menit atau kurang. Ini membuat pelanggan Anda senang sekaligus meningkatkan waktu dan efisiensi Anda.

10) Memberikan Peningkatan yang Konstan dan Tidak Pernah Berakhir

perbaikan terus menerusJangan pernah puas dengan kinerja Anda saat ini. Ingatlah bahwa segala hal dapat selalu ditingkatkan dan dilakukan pada tingkat yang lebih baik. Semakin baik layanan pelanggan Anda, semakin banyak basis pelanggan Anda tumbuh. Karena itu, Anda ingin memastikan bahwa Anda melakukan upaya terbaik Anda setiap hari sehingga layanan pelanggan Anda selalu dikelola dengan kualitas yang sangat baik. Ini adalah cara Anda memisahkan bisnis Anda dari yang ada cukup.

Layanan pelanggan adalah dasar dari setiap bisnis hebat yang dibangun untuk mengalami kesuksesan jangka panjang. Jika Anda ingin memastikan bahwa bisnis Anda dapat berhasil dalam jangka panjang, pastikan bahwa layanan pelanggan yang sangat baik adalah prinsip penting yang selalu diikuti.

Bacaan Terkait ¬ĽKiat tentang Cara Meningkatkan Reputasi Bisnis Anda


Alihkan layanan perusahaan perusahaan Anda dan lebih fokus pada pelanggan.

Kami menyediakan solusi bisnis satu atap yang hemat waktu sehingga Anda dapat mencurahkan seluruh perhatian kepada pelanggan dan perusahaan Anda.

Sumber Hari Ini

.

Source link

Tags: , , , , , , , , , ,

0 Comments

Leave a Comment